Friday, May 20, 2011

Menjaga Kebersihan Tubuh


Personal Hygiene
Dalam artikel ini saya akan membahas tentang kesehatan  pada organ tubuh kitadan cara merawat oragan tubuh kita agar selalu segar dan terawat.
Personal hygiene atau kebersihan personal adalah  langkah awal penampilan dan kesehatan yang baik. Berikut adalah beberapa masalah pada organ tubuh yang ahrus diperhatikan:
1.      Rambut
Cucilah rambut anda dua hari sekali dengan menggunakan shampoo yang lembut sesuai jenis rambut. Hindari penggunaan shampoo yang mengandung borak dan alkali. Sisirlah rambut minimal 4 kali sehari dengan sisir lembut bergerigi kasar dan cucilah sisir saat anda keramas. Rambut yang bersih dan sehat akan terhindar dari ketombe atau kutu kepala yang merupakan mikroorganisme yang mungkin dapat mengkontaminasi makanan atau produk lain. Oleh karena itu, hairnet wajib digunakan dalam industri, terutama industri makanan.





2.      Kulit
Mandilah 1 kali sehari atau 2 kali sehari lebih di anjurkan atau sehabis beraktivitas yang mengeluarkan keringat seperti olahraga. Mandilah menggunakan sabun mandi yang lembut, sesuai jenis kulit, tidak harus yang mengandung antiseptik. Anda dapat menggunakan spon mandi untuk menggosokannya. Keringkan tubuh dengan handuk setelahnya. Hindari penggunaan handuk dan sabun secara bergantian, untuk mencegah penularan penyakit kulit. Kebersihan kulit perlu dilakukan untuk menghindari penyakit kulit dan bau badan.

3.      Gigi
Sikatlah gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur untuk gigi normal, untuk gigi yang bermasalah penyikatan dapat dilakukan lebih dari 2 kali sehari atau di tambah dengan berkumur menggunakan cairan kumur antiseptik. Berkumur juga harusnya dilakukan setiap habis makan. Sikat gigi dan berkumur yang baik dapat mencegah gigi berlubang, karang gigi atau plag, juga nafas bau (halitosis). Kebiasaaan merokok juga dapat memperburuk keadaan tersebut. Bau mulut disebabkan oleh infeksi  gusi dan mikroorganisme terutama pada gigi berlubang. Penggunaan masker wajib dilakukan dalam pabrik makanan.

4.      Tangan
Tangan merupakan media yang paling baik untuk perpindahan mikroorganisme di sekitar kita, mengingat tangan merupakan salah satu organ yang paling banyak digunakan untuk menyentuh. Cucilah tangan setiap kali anda habis beraktifitas, misalnya setelah keluar dari toilet, sebelum memasuki ruang proses atau ruang kritis, sebelum dan setelah mengolah makanan, setelah menyentuh wajah atau rambut, setelah makan, setelah merokok, dan setelah batuk atau bersin.

5.      Kaki
Rawatlah kaki anda dengan menggosokanya menggunakan spon, batu apung, atau penggosok kaki yang tidak bersifat abrasive. Baik juga digunakan krim khusus kaki yang mengandung butiran scrub saat menggosokannya. Cucilah kaki anda setiap selesai beraktifitas atau saat akan melakukan aktifitas. Jika anda menggunakan sepatu, hendaknya menggunakan kaus kaki yang nyaman terbuat dari katun yang diganti setiap hari. Keringat dan lembab dapat memicu mikroorganisme berkembang sehingga menyebabkan bau pada kaki. Pedicure atau perawatan kaki sebaiknya dilakukan 3 minggu sekali.

6.      Kuku
Kuku yang sehat menandakan tubuh yang sehat. Memanjangkan kuku boleh boleh saja dilakukan asal dapat memelihara kebersihan kuku tersebut. Kuku yang rapuh menandakan kurang vitamin atau kurang sehat. Sering mengecat kuku tidak baik  karena zat keratin yang terkandung dalam cat kuku dapat merusak kuku. Untuk menjaga kesehatan kuku dapat dilakukan perendaman air hangat selama 10 menit dan pemberian vitamin kuku. Para pekerja di industri makanan tidak boleh memanjangkan kuku dan selalu menggunakan sarung tangan saat bekerja, karena mikroorganisme dapat berasal dari celah celah kuku

Sumber : PEST NEWS
DMCA.com

8 comments:

Diah Anggraini (seohyun) said...

san keren,,,, jd mw,,,

IKHSAN BLOG said...

makasih atas kunjungannya lebih banyak koment ya ....

Diah Anggraini (seohyun) said...

ok,,, lebih banyakin lgi ya postingannya????

IKHSAN BLOG said...

iya deh di usahain biar lebih banyak postingannya yang lebih menarik

Diah Anggraini (seohyun) said...

ok,,, skali" tampilkan sesuatu postigan yang baru dari diri anda sendiri,,, ok,,,

IKHSAN BLOG said...

insyaallah, ngomong2 agan udah memperaktekan yg di atas

Diah Anggraini (seohyun) said...

mungkin sudah ada yg saya praktekkan,,,cman beberapa

IKHSAN BLOG said...

owh dipraktekan dong gan biar lbh shat