Friday, July 22, 2011

PERKEMBANGAN INTERNET, PENGERTIAN INTERNET & EXTRANET

Pengertian Internet, Intranet dan Ekstranet.
                                                                    Internet berasal dari kata “inter” yang berarti “antara” dan “net” yang berarti “sambungan”. Internet adalah sambungan antara computer-computer personal (PC) di rumah, perusahaan atau lembaga-lembaga pemerintah. Istilah Internet di pakai untuk menunjukan suatu jaringan computer yang sangat besar yang menghubungkan banyak computer di seluruh dunia sehingga computer-computer tersebut dapat berbagi sumber daya dan data. Jenis layanan dalam Internet pada FTP, E-mail, Chat, Telnet, Conference, News group dan Mailing List ( Milis ).
Bagi suatu perusahaan atau lembaga, tidak semua informasi akan di biarkan bebas di akses untuk pihak lain di luar organisasinya. Oleh karena itu, bagi instansi atau lembaga tertentu memilih membuat sebuah jaringan tersendiri yang hanya boleh di akses oleh anggota instansi tersebut.Jaringan tersebut menghubungkan komputer-komputer di setiap kantor cabang yang secara geografis terletak di berbagai kota besar atau pulau bahkan berada di luar negeri. Jaringan computer demikian dinamakan intranet.
Namun karena berbagai pertimbangan, kadang-kadang pemilik suatu jaringan intranet juga menginginkan sebagian informasinya juga di akses oleh jaringan luar. Hal demikian ini di sebut dengan ekstranet.

Perkembangan Internet.

§  Pembentukan jaringan computer di awali sekitar tahun 1950-an yaitu ketika di temukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang kemudian di kenal dengan nama TSS ( Time Sharing System ). Konsep ini di ciptakan untuk membuat sebuah supercomputer di mana satu unit computer harus dapat melayani beberapa terminal. Pada system TSS  beberapa terminal terhubung ke sebuah host computer. Dalam proses TSS mulai Nampak perpaduan teknologi computer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
§  Pada tahun 1957 Advan Research Projects Agency ( ARPA) di bentuk oleh Departemen of Defence ( DoD ) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET di terbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET denagn mengadaka riset untuk menghubungkan sejulah computer sehingga membentuk jaringan organic.
§   Memasuki tahun 1970-an sudah lebih 10 komputer berhasil di hubungkan sehinggan computer-komputer tersebut bisa berkomunikasi astu sama lain. Tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program E-mail. Program ini begitu mudah dan langsung popular dengan memperkenalkan ikon @ yang berarti “ at “ atau “pada”.
§  Tahun 1973 jaringan computer ARPANET berkembang luas ke luar amerika serikat. Computer University College di London merupakan computer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, 2 orang ahli computer , Vinson Creft dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran INTERNATIONAL NETWORK (Internet). Ide ini untuk pertama kalinya di persetasikan di Sussex University.
§  Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Billovin menciptakan NewsGroup  pertama yang di beri nama USENET. Tahun 1981 Frace Telecom menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan telepon TV pertama, di mana orang bisa menelpon sambil melihat wajah lawan bicaranya melalui video link.

§  Karena computer yang membentuk jaringan semakin banyak, maka di butuhkan suatu protocol resmi yang di akui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 di bentuk Transmision Control Protocol/ Internet Protocol ( TCP/IP ).
§  Sementara itu di Eropa muncul jarinagn computer tandingan yang di kenal dengan UENET, yang menyediakan jasa jaringan computer di negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia, yang menyediakan jasa E-mail dan News Group USENET dan untuk menyeragamkan alamt di jaringan yang ada.
§  Pada tahun 1984 di perkenalkan Domain Name System ( DNS ) yang merupakan system penamaan masing-masing unit computer yang terhubung di jaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit computer hingga tahun 1984 itu dan pada tahun 1987 komputer yang tersambung melebihi angka 10.000 unit.
§  Pada tahun 1988 Jarko Orikainen dari finland menemukan dan memperkenalkan IRC dan setahun kemudian jumlah computer yang terhubung melonjak 10 kali lipat ( lebih dari 100.000 unit computer ).
§  Tahun 1992 Tim Berner Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer yang lain. Program ini di sebut WWW ( World Wide Web ) yang kemudian memunculkan istilah surfing (menjelajah) atau browsing.
§  Ketika komputer-komputer yang membentuk jaringan semakin  banyak di gunakan di industry-industry maupun perkantoran kecil hingga besar dan ketika beban pekerjaan bertambah mahal, maka mulailah di gunakan konsep proses terdistribusi (distributed processing). Dalam proses terdistribusi beberapa host computer menggerakan sebuah pekerjaan besar secara seri untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara paralel di setiap host computer.    

DMCA.com

0 comments: