Saturday, July 23, 2011

Artikel Keamanan Komputer

Mungkin ini adalah sesuatu yang sering dibahas dalam berbagai artikel tentang komputer di seluruh blog di internet. Saya sendiri sejak komputerku terhubung dengan internet belum sekalipun menghadapi masalah yang serius dengan namanya virus. Walaupun pernah sesekali di buat pusing olehnya.
Menurutku ada 4 hal yang mesti kita lakukan supaya komputer tercinta kita tidak terkena atau terjangkit sebuah virus. Otomatis jika kita bicara keamanan komputer maka kita berbicara bagaimana mencegah virus komputer.
Sedangkan untuk urusan keamanan konmputer dari aksi para maling itu di luar dari artikel ini ya :D .
Di sini hanya menkhususkan diri untuk virus internet.
Berikut 4 tips artikel keamanan komputer menurut bidang taufik:
Gunakan antivirus
Tentu saja ini yang paling penting . mau tidak mau antivirus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika tidak punya uang jangan gunakan antivirus bajakan. Gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

1. UPDATE
Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya antivirus saja yang di update. Semuanya baik itu operating systemnya, software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna. Pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata software saya sempurna dalam keamanan komputer.
Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

2. HATI-HATI SAAT BROWSING
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez ( mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan ke sana. Ini cara terbaik dalam mencegah vioru komputer.
Tapi saya tau anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka dari pada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall, lebih baik acuhkan saja. Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataannya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer

3. SELALU SCAN FILE YANG DI DOWNLOAD
Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu harus tetap di scan pakai antivirus. Contohnya setelah anda mendownload e-Book gratis, apa anda yakin e-Book itu bebas dari virus. Atau saat mendapatkan script gratis, apa benar script itu benar-benar aman.
Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.





4. HATI-HATI E-MAIL
Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui e-mail. Apalagi jika mendapat e-mail yang berisi file seperti EXE,VBS,BAT. Di tambah itu di kirim oleh orang asing, bias-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu eboot dan muncul pesan seamat harddisk anda kapasitasnya bertambah. Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther, cepat sekali . mungkin artikel keamanan komputer yang anda baca satu bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-truslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini :D.

Manfaat komputer itu memeng banyak sekali . tapi di saat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan supaya keamanan komputer itu terjaga.

Pengetian dari hardware komputer (perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bias di lihat dan di raba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware komputer dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah di tentukan padanya, atau di sebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat di mengerti oleh hardware, maka ia dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah di tentukan oleh pemberi perintah.

Semua bagian fisik komputer merupakan hardware komputer. Harus di bedakan dengan data yang berada atau beroperasi di dalamnya, dan di bedakan dengan perangkat lunak ( software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras (hardware komputer) dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware. Sebab, firmware adalah perangkat lunak yang di buat adalah perangkat keras.

Firmware merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang di kenal oleh pengguna umum .

Komputer pada umumnya terdiri dari :
• Papan system atau papan induk yang merupakan tempat CPU, memory dan bagian lainnya, dan memilki slot untuk kartu tambahan.
• RAM adalah tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses harddisk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC

DMCA.com

0 comments: