Thursday, May 3, 2012

Lukisan Termahal di Dunia

Guinness World Record baru telah menetapkan lukisan paling mahal di dunia bernilai  US $ 119.922.500 atau (£ 74 juta) yang berhasil di jual melalui pelelangan.
Karya seni 1895 dibeli oleh seorang pembeli anonim di Sotheby di New York, dengan penawaran berlangsung 12 menit. Harga termasuk premi pembeli.

Harga jual mengalahkan rekor sebelumnya untuk sebuah karya seni yang dijual melalui pelelangngan sebesar $ 106.500.000 dolar AS oleh Nude Picasso, Green Leaves, dan Bust, dijual oleh Christie pada tahun 2010.

Salah satu gambar dunia seni yang paling dikenal - Scream menggambarkan seorang laki-laki memegang kepalanya dan berteriak di bawah langit, coreng darah merah.
Potongan dilelang adalah satu dari empat versi oleh pelukis ekspresionis Norwegia dan merupakan satu-satunya yang tersisa di tangan swasta.

Sotheby mengatakan pastel on-board versi dari The Scream adalah versi yang hanya bingkai yang menyerahkan-dilukis oleh seniman untuk memasukkan puisinya, merinci inspirasi atas karya tersebut.

Dalam puisi itu, Munch menggambarkan dirinya "menggigil kecemasan" dan mengatakan ia merasa "jeritan yang besar di alam".
Hasil penjualan akan pergi ke arah pembentukan sebuah museum baru, pusat seni dan hotel di Norwegia.

Direktur Museum Nasional di Oslo, Audun Eckhoff, mengatakan pemerintah Norwegia menyetujui penjualan Munch sejak versi lain dari komposisi berada di museum Norwegia. Salah satu versi dimiliki oleh Museum Nasional dan dua lainnya oleh Museum Munch, juga di Oslo.

sumber : guinnessworldrecords.com

0 comments: