Sunday, June 19, 2011

ROBOT KOJIRO, ROBOT PELAYAN YANG SIAP MELAYANI

Mungkin anda pernah bermimpi punya robot super pintar seperti manusia yang bisa anda suruh sesuai keinginan anda. Kini impian tersebut bisa menjadi kenyataan dengan robot android yang di ciptakan oleh Jepang.

Peneliti di Tokyo University’s JSK Robotika Laboratorium, telah menciptakan sebuah humanoid bernama Kojiro, yang bisa belajar bagaimana atau meniru bagaimana cara kita berjalan dan lainnya.

Apa yang membuatnya unik adalah bahwa ia memiliki struktur kerangka mirip dengan manusia, yang berarti robot kojiro ini bergerak dalam mode yang lebih alami, dan membungkuk dan melengking melalui tulang belakang buatan.

Inilah dia penampilan robot kojiro tersebut:
Robot yang Kojiro yang bergerak lebih alami daripada humanoids lain

Tim, yang dipimpin oleh Profesor Nakanishi, mengatakan ini baru dikembangkan tulang belakang akan memungkinkan mereka untuk bergerak lebih ringan dan lebih fleksibel dan akan menjadi robot di masa depan untuk melayani di rumah.

Dalam salah satu makalah ilmiah, mereka menulis: “Saat ini normal robot humanoid tidak cocok untuk bekerja di lingkungan kita sehari-hari.

‘Kurangnya keamanan dan fleksibilitas adalah alasan utama; mereka yang keras dan berat badan dapat melukai manusia atau benda-benda di sekitarnya, dan mereka dapat melakukan tugas-tugas terbatas dibandingkan dengan apa yang manusia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. ”

ref: koleksiweb.com

0 comments: